Capaian Pembelajaran Prodi Stratum Satu Sarjana Teologi (S.Th.)

Capaian Pembelajaran Program Studi Stratum Satu Sarjana Teologi (S.Th.) adalah sebagai berikut,

A. SIKAP
S1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,
moral, dan etika;
S3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa,
bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
S4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki
nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
S5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S6. bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S9. menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara
mandiri;
S10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
B. Pengetahuan (P):
P1. menguasai konsep teoritis tentang ilmu Teologi Biblika;
P2. menguasai konsep teoritis tentang ilmu Teologi Sistematika;
P3. menguasai konsep teoritis tentang ilmu Teologi Historika;
P4. menguasai konsep teoritis tentang ilmu Teologi Praktika;
P5. memiliki komitmen dalam menerapkan dan mengembangkan ilmu-ilmu teologi;
C. Keterampilan Umum (KU):
KU1. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
KU2. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
KU3. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni sebagai hasil kajian deskripsi saintifik;
KU4. menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
KU5. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
KU6. mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
KU7. mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
KU8. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
KU9. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
D. Keterampilan Khusus (KK):
KK1. mampu menggunakan buku-buku sumber untuk menafsirkan teks Alkitab dengan menggunakan prinsip-prinsip penafsiran secara gramatika, historika, dan kontekstual;
KK2. mampu mengkritisi berbagai ajaran yang tidak sesuai dengan kebenaran Alkitab dan membangun teologi yang alkitabiah;
KK3. mampu mengajarkan dan mengkomunikasikan kebenaran Alkitab secara ekspositori dan kreatif dengan menggunakan berbagai pendekatan yang relevan;
KK4. mampu mengkaji permasalahan dengan berlandaskan Alkitab dan memberikan solusi yang kreatif dan inovatif atas permasalahan tersebut;
KK5. mampu menggunakan berbagai metode pendekatan dalam penginjilan yang sesuai dengan konteks budaya setempat;
KK6. memiliki kesadaran untuk mewujudnyatakan transformasi spiritual secara terus menerus;
KK7. mampu berteologi secara kontekstual;
KK8. mampu merancang dan menjalankan penelitian dengan metodologi yang benar khususnya terkait dengan pengembangan bidang ilmu Teologi.

Visits: 480