Capaian Pembelajaran Program Studi Stratum Satu Pendidikan Agama Kristen

Capaian Pembelajaran Program Studi Stratum Satu Sarjana Pendidikan Agama Kristen (S.Pd.) adalah sebagai berikut,

A. Sikap (S):
S1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
S3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa,
bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
S4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
S5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta
pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S6. bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S9. menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
S10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
B. Pengetahuan (P):
P1. menguasai konsep teoritis ilmu-ilmu teologi;
P2. menguasai prinsip-prinsip dan metode-metode penafsiran Alkitab;
P3. menguasai konsep teoritis belajar dan penerapannya dalam Pendidikan Agama
Kristen (PAK);
P4. menguasai konsep teoritis strategi, perencanaan, dan evaluasi pembelajaran PAK;
P5. menguasai konsep teoritis kurikulum dan pengembangannya; dan
P6. menguasai konsep teoritis penelitian kependidikan.
C. Keterampilan Umum (KU):
KU1. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
KU2. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
KU3. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni sebagai hasil kajian deskripsi saintifik.
KU4. menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
KU5. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang Pendidikan Agama Kristen, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
KU6. mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
KU7. mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan
supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
KU8. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada
dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
KU9. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
D. Keterampilan Khusus (KK):
KK1. mampu menggunakan buku-buku sumber untuk menafsirkan teks Alkitab dengan menggunakan prinsip-prinsip penafsiran secara gramatika, historika, dan kontekstual;
KK2. mampu mengajarkan kebenaran Alkitab secara kreatif dan inovatif dengan menggunakan berbagai teknologi dan media pembelajaran;
KK3. mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program pembelajaran PAK;
KK4. mampu mengembangkan kurikulum pengajaran PAK;
KK5. mampu merancang dan menjalankan penelitian kependidikan yang benar dengan
metodologi yang benar khususnya terkait dengan pengembangan bidang ilmu
Pendidikan Agama Kristen.

Hits: 244